Cara Membuat Lulur Alami dari Buah-Buahan, Bantu Jaga Kulit Tetap Sehat dan Menawan

Follow Us

Lulur adalah salah satu warisan budaya nenek moyang untuk wanita Indonesia. Untuk merasakan sendiri manfaat lulur ini, Anda dapat menjalani perawatan kecantikan di salon atau spa kecantikan maupun membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Lulur yang dijual secara komersial di Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yakni lulur tradisional dan lulur modern. Lulur tradisional terbuat dari rempah-rempah dan tepung yang teksturnya kasar yang digunakan dengan cara dioleskan dan digosok perlahan-lahan ke seluruh tubuh.

Berikut informasi lengkap mengenai cara membuat lulur alami dari buah-buahan, bantu jaga kulit tetap sehat dan menawan.

1. Lulur Mangga

Cara membuat lulur alami dari buah-buahan yang pertama kamu bisa memanfaatkan mangga. Buah ini terkenal efektif untuk menghilangkan masalah kulit kusam.

Cukup potong 2-3 buah mangga matang dan campurkan dengan 1 sendok makan jus lemon. Balurkan pada kulit tangan hingga kaki dan pijat selama beberapa menit agar lebih rileks. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih sembari mandi.

2. Lulur Nanas

Cara membuat lulur alami dari buah-buahan berikutnya kamu bisa memilih nanas. Sama dengan mangga, buah nanas juga ampuh dalam mengatasi kulit kusam. Cara memperoleh manfaatnya cukup sederhana, potong buah nanas dan campurkan dengan 2 sendok teh minyak zaitun dan peterseli.

Campurkan menggunakan blender, lalu aplikasikan pada seluruh anggota badan sambil digosok menggunakan scrub pad. Pijat selama sekitar 3-4 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.

3. Lulur Pisang

Pisang tak hanya enak dijadikan berbagai macam kudapan yang menggugah selera tapi juga efektif digunakan untuk atasi masalah kulit kusam. Lumatkan pisang dan campurkan dengan susu mentah dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga mengental dan berbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit pada seluruh tubuh sebagai lulur sambil dipijat lembut selama beberapa menit. Lalu, bilas menggunakan air hingga bersih.

4. Lulur Pepaya

Terkenal kaya akan nutrisi, ternyata pepaya tak hanya enak untuk dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan salah satunya mengatasi kulit kasar dan bersisik.

Potonglah sedikit pepaya dan campurkan dengan 1 sendok teh tomat yang sudah dihaluskan dan jus lemon. Kemudian gunakan campuran ini untuk lulur sebelum mandi. Lakukan perawatan alami ini setidaknya sekali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Lulur Anggur

Cara membuat lulur alami dari buah- buahan berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah anggur. Langkah-langkahnya cukup mudah untuk diikuti di rumah, kamu hanya perlu menghancurkan beberapa buah anggur dan campur dengan 1 sendok susu krim dan 1 gram tepung.

Gunakan scrub pad untuk menggosokkannya pada seluruh anggota tubuh hingga minyak dan kotoran yang menempel hilang. Lanjutkan dengan membersihkannya sembari mandi.

6. Lulur Stroberi

Sudah jadi rahasia umum kalo stroberi merupakan salah satu buah yang kerap dipakai sebagai bahan dasar pembuatan skin care yang beredar di pasaran. Kamu pun bisa ikut serta mengambil manfaat baik dari stroberi untuk kesehatan kutli kamu.

Hancurkan 2 buah stroberi dan campurkan dengan 1 sendok makan yogurt segar. Gunakan scrub pad lalu pijat lembut campuran ini ke seluruh anggota tubuh terlebih tangan dan kaki. Tunggu beberapa menit sebelum dibilas. Ulangi perawatan alami ini dua kali sebulan untuk mendapatkan kulit sehat dan menawan.

Bagaimana? Mudah dan praktis bukan tentang cara membuat lulur buah-buahan ini? Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Timoti Beauty Indonesia

Shopping Cart
Scroll to Top
×

 

Hallo!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Chat!