MANFAAT BUAH BLUEBERRY UNTUK KULIT

Follow Us

Apa itu Blueberry ?

Blueberry adalah buah berbentuk bola kecil nan kaya manfaat. Buah ini dikenal sebagai buah dengan antioksidan yang tinggi. Buah ini bernama latin Vaccinium sect. Cyanococcus ini merupakan sumber nutrisi seperti vitamin (A,C,E,K). Blueberry juga mengandung serat, antioksidan, dan mineral.

Dengan begitu, manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan tak perlu diragukan lagi. Sejumlah penelitian telah membuktikan senyawa dalam buah kecil berwarna biru ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan jantung.

Kandungan utama dalam buah Blueberry untuk kecantikan kulit Antioksidan

Antioksidan banyak terkandung dalam blueberry. Adapun antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel. Terdapat senyawa anthocyanin dalam blueberry yang memiliki sifat antioksidan yang kuat serta memberi warna biru keunguan pada buah ini.

Jika kamu sering terpapar sinar UV dari matahari, asap rokok, dan polusi, maka produksi radikal bebas di kulitmu akan semakin meningkat. Jumlah radikal bebas yang lebih banyak dari antioksidan akan membuat sel kulit melemah dan tanda-tanda penuaan dini pun mulai muncul. Nah, dengan mengonsumsi blueberry, kamu bisa mengembalikan sel-sel kulit yang sehat dengan tambahan antioksidan.

Kaya akan kandungan vitamin A, E, dan C buah blueberry memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaatnya guys!

1. Mencegah jerawat

Jerawat menjadi masalah yang paling sering dialami kulit, nah dengan memanfaatkan buah blueberry dapat mencegah jerawat, hal ini karena konsentrasi salisilat yang tinggi. Tapi bagi kamu memiliki  kulit sensitif sebaiknya jangan menggunakannya.

2. Melawan penuaan dini

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau tanning bed, asap rokok, polusi, dan diet yang buruk bisa meningkatkan produksi radikal bebas di kulit. Saat ada lebih banyak radikal bebas ketimbang antioksidan, sel-sel kulit mulai melemah dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Blueberry kaya akan antioksidan, yakni senyawa alami untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak sel. Makanan tinggi antioksidan, seperti yang ditemukan dalam blueberry, dikaitkan dengan khasiat mengurangi  tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

3. Memberi nutrisi untuk kulit

Blueberry disebut-sebut sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung serta mengatur sirkulasi menjadi lebih baik sehingga kesehatan kulit pun terjaga. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel. Kulitmu yang sering terpapar sinar UV, polusi, dan asap rokok butuh oksigen dan nutrisi untuk memperbaikinya.

Konsumsi blueberry sebanyak satu cangkir atau sekitar 148 gram per hari agar kemampuan tubuhmu untuk mengirim nutrisi dan oksigen ke kulit semakin baik. Pergantian sel yang cepat dan efesien akan membuat kulitmu sehat dan tampak awet muda.

4. Mengatasi Psoriasis dan Eksim

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit yang terakhir adalah sebagai bahan alami yang mampu mengatasi masalah psoriasis dan eksim. Psoriasis dan eksim sendiri merupakan gangguan kesehatan kulit yang menimbulkan perubahan warna dan rasa gatal bagi penderitanya. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada seseorang yang memiliki kadar antioksidan rendah.

Diketahui, konsumsi blueberry dapat memberikan asupan antioksidan yang cukup bagi tubuh. Hal ini sangat baik dan beguna untuk mengurangi berbagai gejala yang dialami oleh penderita psoriasis maupun eksim. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan ini juga dapat mengurangi risiko stres oksidatif dalam tubuh, yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

5. Meningkatkan kolagen

Manfaat blueberry lainnya adalah meningkatkan produksi kolagen. Buah ini kaya akan antosianin yang mendukung sintesis kolagen. Dalam beberapa studi sampel kulit, pemberian anthocyanin dari beri ke kulit mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan.

Perlu diketahui juga, 1 cangkir (148 gram) blueberry menyediakan 16 persen hingga 19 persen kebutuhan vitamin C harian.  Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen yang penting untuk kulit yang kuat dan sehat. Ini juga bertindak sebagai antioksidan alami untuk melindungi kolagen kulit dari kerusakan.

Timoti Beauty Indonesia

Shopping Cart
Scroll to Top
×

 

Hallo!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Chat!